بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kucing Sebagai Guru I'tikaf

Posted on Minggu, September 27, 2009, under

سْــــــــــــــــــــــم اﷲِارَّحْمَنِ ارَّحِيم





Nah! sore ini menjelang waktu berbuka puasa, muh ingin berbagi kisah dengan kalian semua, para pembaca yang terhormat. semoga bisa menambah wawasan kita dan kita bisa mengambil hikmahnya. insyaAllah.

kisah ini berawal dari:

Syekh Syibali

Pernah, suatu saat, Syekh Syibali bertandang ke rumah Abu Husein an-Nuri. Kebetulan, Abu Husein sedang melaksankan i'tikaf di masjid. Syekh Syibali segera datang ke masjid itu untuk menemui beliau. Dilihatnya Abu Husein sedang duduk begitu khusyuk, khudhu', dan tidak bergerak sama sekali, namun juga tidak sedang tertidur. Asy-Syibali begitu sabar menunggu sampai kapan pun Abu Husein selesai melakukan ibadahnya. Setelah Abu Husein keluar dari masjid, Syekh Syibali segera bertanya kepada beliau.

" Siapa yang menjadi gurumu dalam melaksanakan ibadah sekhusyuk itu? "

" Ah..., ada-ada aja pertanyaanmu itu, wahai Syekh Syibali," jawab Abu Husein sekenanya.

" Tunjukkanlah gurumu, aku sangat berkeinginan untuk mengikuti langkahmu itu. Sebab, selama ini, i'tikafku tidak sebaik apa yang engkau lakukan," begitu desak Syekh Syibali.

" Apakah engkau betul menginginkannya? " tanya Abu Husein lebih lanjut.

" Betul, aku tidak bergurau," jawab Syekh Syibali.

" mari ke rumahku! " ajak Abu Husein.

Keduanya pun berjalan beriringan menuju rumah Abu Husein. Setelah sampai ke rumah Abu Husein, Syekh Syibali segera diajak ke bagian belakang rumah. Di sanalah keduanya menyaksikan seekor kucing yang sedang mengintai seekor jangkrik yang berada di dekat liangnya. Lalu, Abu Husein berkata,

" Wahai Syekh Syibali, kucing itulah guru saya dalam beri'tikaf. Ia begitu khusyuk dan tidak bergerak sama sekali, kalau tidak percaya kau boleh melihatnya. "

Nah! ternyata kita bisa juga belajar khusyuk dari seekor kucing....

baiklah para pembaca yang terhormat, cukup di sini perjumpaan kita kali ini.

semoga bermanfaat...

sekarang muh mau persiapan untuk berbuka puasa... selamat berbuka puasa semoga puasa kita hari ini diterima oleh Allah SWT dan dicatat sebagai amal shaleh. Amiin... insyaAllah.

wassalam..





  • Tangerang, 07 September 2009, senin

    by: muhammad miftachurrohman








  • edit post

    0 Reply to "Kucing Sebagai Guru I'tikaf"