بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Tampil Cool 'ala Rasulullah SAW

Posted on Minggu, Oktober 04, 2009, under

سْــــــــــــــــــــــم اﷲِارَّحْمَنِ ارَّحِيم

khusus ikhwan

buat akhwat untuk menambah pengetahuan, inilah dunia kami dunia ikhwan

Jangan dikira ikhwan ga bisa tampil cool, soal penampilan ikhwan ga mau kalah ama akhwat. Siapa bilang ikhwan itu nggak boleh tampil cool? Bukan cuma Nicholas Saputra aja yang bisa gitu, kita-kita yang ikhwan juga bisa en boleh tampil cool kayak gitu. Berpahala lagi...





Sarung, koko, peci, dan jenggot. Itulah sekilas gambaran penampilan ikhwan pengajian. Terus terang aja banyak orang risih en males ngeliatnya. Kaum cowok yang aktif ngaji ini konon punya prinsip," yang penting hati, bukan penampilan ". Nah, gara2 prinsip itu mereka ogah dandan. Malah ada yang bilang kagak pantes kalau aktivis dakwah itu tampil kinclong. Para sufi aja ada yang display-nya kucel en dekil. Ini supaya nggak riya' n'jadi takabur. Lagi2, yang penting 'kan hatinya. Jagalah hati…





--------------------------
----------------------
Dandan Buat Ikhwan Nggak Haram, lho!
--------------------------
-----------------------

Wuih... kecian dech, klo para cowok emang mengklaim betul berdandan itu haram. Makin banyak aja tuch nanti orang yang benci sama ajaran Islam. Padahal sih ajaran aslinya nggak kayak gitu. Eh, jangan salah lho, Rasulullah SAW. itu orang yang gentle, baik sikap mau pun penampilan Beliau ntu always cool... Meski Beliau ntu sederhana, tapi sosok Rasulullah SAW. ntu memikat perhatian banyak orang. Termasuk akhwat, cieee... :)






Nah...! supaya kita2 para ikhwan enggak asal dandan, enggak asal necis, mendingan kita cari tahu gimana sich cara Rasulullah SAW. dan para sahabat Beliau ntu berpenampilan. Kita2 mau dong tampil keren ala Rasulullah SAW.? Nich diee... beberapa teladan dari beliau SAW biar kita tampil cool n'macho... ala Rasulullah SAW. Yuk, kita Liatin baek2.. dipelototon juga boleh ko k... inget2 yaa.. trus kita praktekin dech bareng2... asiiik... :) insyaAllah .




  • Teladan yang pertama; Bersih.




  • Ini yang paling utama. Sabda Beliau SAW.
    "(Alloh) itu Zat-Nya bersih dan Dia mencintai kebersihan," (HR. Tirmidzi).

    Menjaga hati itu penting, tapi menjaga kebersihan badan n'penampilan juga perlu. Hey, Boys... tampil kucel, dekil, apalagi jorok bukan bagian dari kepribadian seorang ikhwan yang rajin ngaji. Jangan beralasan " yang penting hati, penampilan mah belakangan " ati2 boys, kebersihan sebagian dari iman. Untuk menelantarkan kebersihan badan dan pakaianmu... Ga banget dech, guys! Kita Jaga kebersihan badan, bukan cuma supaya enak dilihat, tapi juga bikin kita jadi sehat. Kayaknya enggak asyik banget dech... ngeliat ikhwan lagi ngisi pengajian sambil garuk-garuk kulit karena kurap en panu.. apalagi kepala gara2 ketombean? hiiiyy... jauh2 dech. So, cuci dong pakaianmu setiap habis pakai, ganti tuch pakaian dalam setiap hari, dan keramas biar nggak ketombean. Jangan takut dech, dibilang rese gonta-ganti pakaian, ini untuk menjaga kebersihan en tentunya juga dapat pahala, lho...




  • Nah.. teladan yang kedua; Kuku.




  • Sob, bagian depan bodi kita yang lemot tapi keliatan, dan bisa bikin orang lain jijay itu adalah kuku kita... Betul apa betul... (betul, muh) nah! K'lo ikhwan kukunya item2, orang yang ngeliat mana tahaaan... Apalagi k'lo yang ngeliat pas akhwat... hiiiy, tengsin abies dech... mau taruh di mana tuch muka... paling2 langsung kabuuuuuuuur... Siapa yang percaya coba, k'lo kamu anak ngaji, trus kuku kamu kotor n'item2. Hemm... Biar muka kamu ganteng tapi k'lo kukunya item, tetep aja jorok... Inget baek2 nich hadits; " Fitrah itu ada 5 macam; berkhitan, mencukur rambut kemaluan, merawat kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).




  • Trus teladan yang ketiga; Kumis en jenggot.




  • Ntu k'lo ente punya kedua2nya. karena kadang ada ikhwan yang ga tumbuh jenggotnya. k'lo muh, ada jenggotnya lagi tumbuh. Sebagian ulama bilang k'lo berjenggot itu sunnah. Oke aja, k'lo kamu tuch setuju dengan pendapat ini. Tapi jangan lupa yaa... perawatan dan kerapiannya. Itu jenggot kudu bersih en rapi, jangan acak-acakkan n'jadi gimbal apalagi ampe kutu2 betelor di situ... hiiiy 'kan ga asyik banget :) makanya dirawat yach..




  • Teladan yang keempat; Bagian " dalam ".




  • Maksudnya tau 'kan? ntu ' alat tempur ' kita:) Eh, jangan dikira remeh lho. Ntu hal yang penting banget lho buat kita2, para ikhwan, buat ngejaga kebersihan bagian dalam-an . Rasulullah SAW. menyuruh kita untuk mencukur rambut kemaluan dan mencabuti bulu ketiak, nggak lain dan nggak bukan untuk kesehatan bagian " Dalam " kita.. biar " dede " tetep sehat. Jangan lupa kebersihan pakaian dalam kudu n'wajib diperhatikan. Gantilah pakaian dalam setiap hari, apalagi k'lo udah kena najis, Ntu musti diganti. Karena ada sebagian cowok yang males banget buat ganti pakaian dalem-an (bukan kita, bukan... tapi cowok yang di luar sono.. k'lo kita2 mah cowok2 ikhwan yang steril, clean n'always cool... ) cieee... ehem.. ehem.. :)




  • Teladan kelima; Mulut harus bersih en segar.




  • " Kalaulah tidak memberatkan umatku, akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap akan shalat," sabda Nabi SAW.

    Kamu2 Tau bersiwak, kan? (ya tau lah, muh) k'lo Sikat gigi, tau! (apalagi ntu, udah rutin muh). Dulu kebiasaan orang Arab untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut mereka dengan cara menyikat gigi pake kayu siwak. Kayu siwak itu… Gampang didapat ko k.. beli aja di masjid2, tempat2 ziarah, ato tempat2 pengajian, de-el-el. Nah! k'lo buat kamu2 yang males pake gituan, bisa pake pasta gigi ma sikatnya sekalian. Tapi jangan ditelen yach... :) Sekarang udah banyak pasta gigi en sikat gigi yang dijual di pasaran bahkan di warung juga ada, kamu bisa pilih yang mana yang kamu suka. Pilihlah sikat gigi yang enak dipegang jadi nggak bakal slip saat kamu pake, dan bisa membersihkan sela-sela gigi. Kalau masih kurang pede juga dengan aroma mulut, pake aja mouthwash atau obat kumur. Syaratnya yang nggak mengandung alkohol yach... Sekarang udah ada ko k yang kayak gitu di pasaran. Untuk jaga kebersihan dan kesegaran mulut bukan Cuma bersiwak, kamu juga kudu ngejaga makanan. Jangan makan dech makan makanan yang bikin mulut kamu bau naga, apalagi kalau ada acara rame-rame macam pengajian." Apabila kamu habis makan bawang, janganlah kamu mendekati masjid "







  • Teladan yang keenam; Wangi.




  • Nah! Banyak para sahabat yang bercerita k'lo keringet Rasulullah SAW. itu wangi kesturi atau cendana (misk). Nggak aneh karena beliau amat senang dengan aneka wewangian.

    “Malu, memakai wewangian, bersiwak dan nikah adalah sebagian dari perilaku para rasul,”(HR. Tirmidzi). Begitu sabda Beliau SAW.

    Hemm... jangan dulu ngebayangin iklan AXE Pulse yang ngegoda kaum wanita yach... Nggak ada hubungannya... Ntu mah cuman iklan. B'Cos, seorang ikhwan memakai wewangian semata untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW. K'lo pun bikin badan jadi seger, itu manfaatnya, bukan tujuan. Lagian, memalukan amat sich ada aktivis dakwah tapi menyebarkan aroma jigong.




  • Teladan ketujuh; Bugar.




  • Seorang ikhwan kudu bugar. (Iya dong... Masa ikhwan loyo, lemah, lesu... 'kan ga enak banget diliatnya.) betul banget sob... Badan ikhwan kudu tahan banting, sehat, n'gesit. Hihihi.... Udah kayak iklan suplemen kebugaran ya? Nggak juga sich, soalnya ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. dan para sahabat. Beliau SAW. itu fisiknya oke banget, lho... Umar bin Khaththab r.a boleh-lah jago bergulat, tapi k'lo udah bertanding melawan Rasulullah SAW., jawara Quraisy ini takluk... kluk:) Bukan karena mengalah atau nggak enak ati, tapi emang karena fisik Rasulullah SAW. ntu prima banget.

    Nah! sekarang dah jelas 'kan? kenapa kita para ikhwan musti menjaga penampilan...
    Udah malem, muh mw tidur... see u tomorrow, insyaAllah :)

    Semoga bermanfaat bagi kita semua..
    Wassalam..


    tangerang, 04 Oktober 2009-ahad




    muh:)



    edit post

    0 Reply to "Tampil Cool 'ala Rasulullah SAW"